Minggu, 27 November 2016

Rias Pengantin Adat Jawa | Bandung | WA 081312131355

Indonesia memiliki adat, budaya dan kekhasan masing-masing diantaranya gaya tata rias pengantin di setiap daerah termasuk riasan adat Jawa. Rias pengantin adat jawa memiliki ciri khas tersendiri yaitu riasan hitam pada bagian dahi pengantin perempuan. Selain itu berbagai tata rias pengantin bermacam gaya dan busana yang digunakan mempunyai filosofi masing-masing. Hal tersebut karena disebabkan adat jawa identik dengan berbagai kepercayaan-kepercayaan tertentu yang sampai sekarang masih melekat.
Rias pengantin adat jawa dan busana yang digunakan memang akan terlihat sama jika kita lihat secara keseluruhan. Akan tetapi jika kita perhatikan dengan detail, pasti akan terdapat perbedaan walaupun hanya sedikit.



Salah satu tata Rias Pengantin Adat Jawa yang banyak digunakan yakni Yogya Putri. Riasan ini dengan ciri khas pada bagian rambut belakang memakai sanggul dan memakai cunduk dan juga pelat gunungan di bagian atas rambut. Di bagian bawah gunungan plat ditambahkan bunga melati dan juga hiasan pada kanan kiri, dilengkapi juga dengan bunga seperti warna merah. Riasan hitam pada bagian dahi khas menggunakan pinggiran warna emas. Untuk mempercantik leher dan telinga ditambahkan anting dan kalung juga aksesoris pada bagian lengan. Busana pengantin yang digunakan kain batik atau jarik yang telah dikreasikan sedemikian rupa kemudian diikat di bagian atas perut. Selain itu pada bagian tengah juga ditambahkan selendang yang dijulurkan dari atas ke bawah dengan ditambah aksesoris di bagian pinggang.



Rias Pengantin Adat Jawa pada pengantin pria menggunakan penutup pada kepala seperti mahkota raja dengan ditambah hiasan anting bunga yang menjulur ke bawah. Supaya memperindah bagian dada ditambahkan kalung panjang dan juga kalung plat seperti pengantin perempuan. Busana pada pengantin pria digunakan dari bagian perut dengan menggunakan kain dan aksesoris yang sama dengan pangantin perempuan. Selain itu aksesoris berupa keris juga ditambahkan dan diletakkan di bagian belakang dengan tambahan rangkaian bunga melati pada keris.


RIAS PENGANTIN PADJADJARAN
Komplek Bumi Panyileukan Bandung
Appointment : 081312131355 (sms/Wa)
Pin BB : 53d0a736